cover
Contact Name
Wahyudin Rahman
Contact Email
wahyu@unismuhluwuk.ac.id
Phone
+6285342453454
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. KH.Wahid Hasyim No 58
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
ISSN : 25794744     EISSN : 25812262     DOI : https://doi.org/10.32529/jim
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan konsep ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): Desember" : 11 Documents clear
ANALISIS PERSEPSI HARGA, SUASANA CAFE DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ZERO CAFE MAKASSAR Adnan Hasan; Nur Asia Hamid
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Zero Cafe Makassar. semakin banyaknya pengusaha yang berinvestasi pada sektor usaha cafe membuat jenis usaha ini semakin kompetitif. survey awal menemukan bahwa loyalitas pengunjung Zero Cafe Makassar dipengaruhi banyak faktor, diantaranya persepsi harga, suasana cafe dan pelayanan . Hasil penelitian ini akan berkontribusi terhadap kekayaan data dan informasi sebagai upaya pengembangan strategi pemasaran dalam upaya pencapaian loyalitas konsumen. Target khusus dalam penelitian ini yakni menjadi referensi atau rekomendasi atas pentingnya strategi harga, suasana cafe dan pelayanan dalam menciptakan daya saing usaha. Metode yang digunakan yakni metode observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil uji parsial menunjukkan variabel pelayanan memiliki pengaruh yang paling signifikan yaitu 6,234. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel persepsi harga (X1), suasana cafe (X2), pelayanan (X3) mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan Zero Cafe Makassar (Y) sebesar 38,907%
PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FARMASI MILIK BUMN DAN SWASTA PERIODE 2016-2018 Lia Candrayani; Ziana Fitri; Kharis Fadlullah Hana
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.591

Abstract

The purpose of this study was to determine the comparison of the financial performance of state-owned pharmaceutical companies with private-owned pharmaceutical companies and find out what factors affect differences in company performance based on analysis of profitability, market value rations and EVA. This study using a quantitative approach using a comparative descriptive method that took a sample of 4 pharmaceutical companies listed on the Stock Excahange. The data analysis technique uses a different independent sample T-test by comparing financial data from state-owned and private pharmaceutical companies in the 2016-2018 period. The results of the study show that return on equity (ROE) analysis of state-owned pharmaceutical companies is not safe because there are significant differences in the precentage above 15% and private pharmaceutical above 15%. The earning per share (EPS) analysis results of state-owned companies reached 0,35 and private pharmaceutical companies reached 50,71. As well as economic value added (EVA) analysis produces data there are differences in financial performace where the state-owned pharmaceutical companies have increased and privat pharmaceutical companies have decreased.
PENGARUH BUNDLING PRODUK DAN INOVASI LAYANAN 4.5G TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA XL PASCABAYAR Dewi Mustikasari; Desi Saputri; Dewi Ratna Sari; Sri Hartini; Novian Ekawaty
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.797

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bundling produk dan inovasi layanan 4.5G terhadap keputusan pembelian pada XL Pascabayar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskritif dan verifikatif. Teknik sampling penelitian ini adalah accidental sampling menggunakan rumus slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bundling produk dan inovasi layanan 4.5G berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
ANALISIS REWARD INTRINSIK TERHADAP TINGKAT MOTIVASI KERJA KARYAWAN UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA Andi Syaputra; Al Arif Akbar
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.579

Abstract

Perubahan manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan akan terjadi dengan baik bila lingkungan yang ada mendukung sepenuhnya dari tingkat atas maupun tingkat bawah. Hal ini menjadikan suatu Penghargaan merupakan salah satu cara memotivasi individu atau orang yang dipimpin dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan dalam Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana  pengaruh dari reward intrinsik terhadap motivasi kerja karyawan. Jenis Penelitian dengan metode kuantitatif menggunakan data primer yang didapatkan langsung dari 50 karyawan Unit Penyelenggara Bandar  Udara Sultan muhammad Salahudin Bima melalui pendistribusian Kuisioner. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial didapat hasil positif dan signifikan. Dengan demikian dipastikan bahwa Reward Intrinsik berpengaruh terhadap tingkat motivasi kerja karyawan Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima .
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT (NTB) Guswan -; Mulyadin -
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.600

Abstract

Penelitian ini di bertujuan untuk mengetahui, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang menunjukan pengaruh antara dua variable atau lebih. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 pegawai. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi, dokumentasi dan kuesioner. Tehnik analisa data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana, uji validitas dan reliabelitas, uji determinasi dan uji t. hasil penelitian menunjukan budaya organisasi berada pada kategori sangat baik di tinjau dari segi indicator yaitu : inovasi, perhatian, orientasi hasil, orientasi orang, orientasi tim, Kinerja pegawai berada pada kategori sangat baik di tinjau dari indicator kualitas kerja, kuantitas output dapat tidaknya di andalkan dan sikap kooperatif, berdasarkan uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada dinas Lingkungan Hidup Kota Bima. Kata kunci : Budaya organisasi dan kinerja pegawai
IMPLEMENTASI ANGGARAN CSR PADA BANK SYARIAH Muhammad Adil; Idrawahyuni .; Muhammad Nur Abadi; Muhammad Nasrun
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.723

Abstract

This study aims to determine how much the budget and form of CSR implementation at Bank Syariah Mandiri for the community and the surrounding environment. This study uses a method with a descriptive approach. The case study method is an empirical inquiry that investigates phenomena in the context of real life, where the boundaries between phenomena and contexts are not clearly visible. Case studies are limited to quantitative evidence. The data used in this study are secondary data on the Budget Realization Report and CSR implementation in 2012-2015. The data is a documentation of the Annual Report on Budget Realization and the implementation of BSM Bank CSR 2012-2015. The analysis technique used in this research is quantitative descriptive method. Descriptive refers to the transformation of raw data into a form that will make it easier for readers to understand and interpret the meaning of the data or numbers displayed. The steps taken in analyzing this data include: 1. Calculating the implementation of Bank Syariah Mandiri's 2012-2015 CSR budget by distributing a maximum of 2% of profit after tax. 2. calculate the ratio of realization of BSM's CSR budget since 2012-2015. 3. Describe the data from the calculation of the budget implementation ratio.From this research, it is found that the Bank distributes zakat funds for companies, employees, customers, and the general public to those who are entitled by synergizing with LAZNAS BSM through an efficient and beneficial program for the community. This CSR activity will provide added value and positive value to society both as customers and the general public. In another position, the Bank's Corporate Image will get better so that this will increase public confidence in the existence of BSM and also all of the Bank's business products.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK Nurhidayah Layoo
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan pengaruh  pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas  Muhammadiyah Luwuk,  tujuan jangka panjang, menemukan metode pembelajaran yang efektif mendorong minat berwirausaha mahasiswa berbasis hasil evaluasi pendidikan kewirausahaan dan berkontribusi pada upaya eliminasi pengangguran terdidik.  Kuesioner disebar kepada 115 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah kewirausahaan, terdiri dari 61 orang program studi Manajemen dan 54 orang Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Luwuk, kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan Regresi Linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Minat mahasiswa Fakultas Ekonomi universitas Muhammadiyah Luwuk sangat tinggi untuk berwirausaha, terutama sangat berminat untuk memulai usaha dalam waktu dekat.  Indikator pendidikan kewirausahaan yang paling menonjol mendorong minat berwirausaha adalah adanya praktek lapang kewirausahaan dan tugas-tugas yang diberikan dosen, dibandingkan dengan materi kuliah dan keaktifan di kampus.
PENGARUH BUDAYA KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA GORONTALO Pakaya, Syaiful
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya kerja dan kepemimpinan secara parsial dan simultan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yaitu jumlah sampel dalam penelitian kurang dari 100.Sedangkan pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas.Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis).Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel budaya kerja (X1) dan kepemimpinan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa budaya kerja(X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota GorontaloHasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kota Gorontalo.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PT. P&P LEMBAHKARET Syintia Mega Putri
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengembangan Karir dan Komitmen Organisasi Terhadap kinrja Karyawan Dengan Kepuasan KerjaSebagai Variabel Moderating pada PT. P&P Lembah Karet.Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan sampel 77 responden karyawan PT. P&P Lembah Karet.Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji MRA.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan tingkat signifikan (0,009<0,05). Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan tingkat signifikan (0,000<0,05). Pengembangan Karir memoderasi hubungan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan tingkat signifikan (0,041<0,05). Komitmen Organisasi memoderasi hubungan Kepuasan kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan tingkat signifikan (0,000<0,05). Kontribusi Pengembangan Karir dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan adalah sebesar 58,4% sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.Akhirnya penulis menyarankan kepada pihak manajemen PT. P&P Lembah Karet bahwa Kinerja Karyawan akan meningkat apabila pihak manajemen meningkatkan Pengembangan Karir, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja melalui indikator-indikatornya.
KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI: MANFAATNYA BAGI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN DEPARTEMEN OPERASIONAL PT YCH INDONESIA Imam Sucipto; Ahmad Gunawan
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R" Vol 4, No 2 (2020): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32529/jim.v4i2.718

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh PT YCH Indonesia adalah kurangnya Organizational Citizenship Behavior (OCB) para karyawan departemen operasional.                      Kepuasan kerja dan komitmen organisasi diduga sebagai faktor yang memengaruhi OCB karyawan selain faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap OCB karyawan departemen operasional PT YCH Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang peneliti gunakan berasal dari kuesioner yang diberikan kepada responden dan dari wawancara. Sedangkan data sekundernya berasal dari sumber-sumber lain. Populasi dalam penelitan ini adalah karyawan departemen operasional PT YCH Indonersia yang berjumlah 126 orang. Penentuan ukuran sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan jumlah yang diperoleh   adalah 96 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh adalah secara parsial kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh tehadap OCB karyawan dan begitu juga secara simultan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11